Jumat, 15 Februari 2013

Sehat Cara Alamiah - Aktifitas Olah Raga Membuat Otak Anda Lebih Cerdas

Sehat Cara Alamiah - Aktifitas Olah Raga Membuat Otak Anda Lebih Cerdas

Sport and Brain. Source Google free image

Dari pengalaman klinik dan banyak hasil penelitian ilmiah, telah membuktikan bahwa aktifitas berolah raga ternyata bermanfaat bagi kesehatan otak, bukan hanya kesehatan bagi organ jantung dan paru, dan organ tubuh yang lain.

Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa olahraga yang teratur bisa merangsang fungsi kedua belahan otak kita. 

Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan jantung kita, tapi juga membuat kita menjadi lebih cerdas, yang berarti bisa membuat anda menjadi lebih baik dari semestinya, dibandingkan bila anda tidak melakukannya secara teratur. 

Efek olahraga juga akan bisa segera terlihat... olahraga akan merangsang sistim saraf Anda, ini salah satu cara terbaik dimana orang bisa mencapai tingkat kesehatan yang lebih tinggi hanya dalam waktu yang relatif singkat saja.

Dr. John Tately, seorang profesor dalam bidang psikiatri dari Harvard Medical School mengatakan demikian, "saya sering membandingkan bahwa berolahraga adalah seperti seseorang telah meminum suatu energizer pada waktu yang tepat.... ini akan sangat mempengaruhi suasana hatinya atau mood, vitalitas, juga meningkatkan ketangkasan mental dan fisiknya dan memberikan rasa sejahtera dan bahagia baginya". 

Jadi bisa kita mengerti sekarang mengapa ada orang yang begitu gandrung bahkan "ketagihan" untuk selalu berolahraga, ini karena bila seseorang telah terbiasa ber-olahraga, maka setelah melakukan olahraga, detik berikutnnya ia akan merasa puas, merasa sehat, merasa senang dan merasa sejahtera ! Semua hal ini karena adanya peningkatan kadar glukosa dalam sel otak sehingga menghasilkan efek yang disebutkan diatas. 

Hal ini akan kita bahaspada kesempatan berikutnya.

Tidak heran bila berolahraga menjadi satu kebutuhan dan bahkan semacam ketagihan bagi mereka yang telah pernah mengalami hal atau perasaan seperti yang dilukiskan diatas.     

Ilmu kedokteran juga telah membuktikan bahwa, paling sedikit 30 menit sehari dengan melakukan olahraga yang tingkat sedang saja, itu sudah lebih cukup untuk "Brain Training - Latihan Otak" untuk hampir semua orang dewasa. Seandainya Anda bisa melakukannya lebih lama dari itu juga lebih baik, karena akan memperoleh manfaat berolahraga yang lain bagi organ tubuh yang lain juga.

Jika Anda memerlukan motivasi untuk memulai semua ini, karena belum terbiasa berolahraga secara teratur, maka mungkin dengan cara membayangkan manfaat pada kejernihan mental dan kesegaran pikiran yang bisa diberikan oleh aktifitas berolahraga akan membuat anda memulainya dan rela bertahan terus berolahraga. 


Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa membuat anda menjadi lebih cerdas ....

"Hubungan Tubuh dan Pikiran atau Body and Mind Connection", ini adalah ilmu yang terbaru untuk saat ini. Padahal hal ini telah ditemukan oeh orang Junani kuno tentang hubungan badan dan pikiran ini, zaman sekarang kita tahu bahwa olahraga aerobik tidak hanya memompa lebih banyak darah ke otot tubuh saja, tapi juga membantu jantung untuk memompa lebih banyak darah ke oragn tubuh yang lain juga, termasuk ke otak kita. 
Semakin banyak darah yang mengalir ke otak, berarti semakin banyak oksigen dan zat gizi yang akan disuplai ke sel otak, sehingga pada gilirannya, maka sel otak kita menjadi lebih sehat dan berfungsi optimal, dan bisa meningkatkan fungsi kognitif otak, yang akan berperan memperbaiki daya pikir otak kita ! 
Hal ini bisa kita capai hanya dalam waktu kurang lebih sepuluh menit saja ! 

Hormon endorphins yang kita hasilkan sewaktu berolahraga akan memningkatkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi, yang akan membantu kita untuk menghindari gangguan dan meningkatkan kemampuan kita memusatkan perhatian untuk bisa membuat prioritas bagi tugas dan kegiatan harian didalam pikiran kita. 

Pada saat kita tidak terlalu impulsif, maka ini akan meningkatkan ketajaman konsentrasi kita dan ini akan meningkatkan daya ingat kita. Meningkatkan kemampuan untuk mengingat sehingga membuat ingatan kita menjadi akurat dan memberi kita kesempatan untuk menjalankan kemampuan-kemampuan mental yang telah kita miliki.

"Pemikiran produktif tingkat tinggi atau High Levels of Productive Thought" ini memerlukan banyak energi......, terutama pada saat anda harus berpikir kreatif. Karena pikiran yang kreatif bukan hanya terjadi begitu saja, ini merupakan hasil kombinasi antara kerja keras dan konsisten terus menerus, yang berarati Anda harus mempunyai kekuatan dan daya tahan mental yang baik dan kekuatan fisik.

Banyak penelitian membuktikan bahwa kita akan semakin baik  mempergunakan kedua belahan otak kita untuk berpikir kreatif atau balanced thinking, pada saat otak ini mendapat suplai darah, oksigen dan gizi yang cukup untuk semua sel otaknya. 

Sebagai manusia, sering kita perlu diberi insentif untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik, maka berolahraga itu akan segera memberikan kita manfaat segera setelah kita melakukannya. "Hadiah untuk kebugaran mental itu adalah segera, meskipun hanya dengan melakukan olahraga yang cukup keras hanya 10 menit saja, akan menyebabkan dilepaskannya endorphins didalam sistim saraf yang bisa membuat kita menjadi tenang, membuat kita berpikir lebih jernih, bertindak lebih baik bahkan membuat kita menjadi lebih bahagia. 

Jika Anda berolahraga hari ini, maka otak Anda akan memberi hadiah hari ini juga untuk Anda...bahkan untuk Anda yang tidak sabar pun akan mengalami hal ini se-segera seperti yang dikatakan tadi.    


Berolah Raga Akan Merangsang Pemakaian Kedua Belahan Otak Anda ! 


Sport and Thinker. Source Google free image

Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa banyak anak yang dikategorikan sebagai sangat kreativ (berkat fungsi otak kanan) sebelum mereka masuk sekolah. 
Karena sistim pendidikan kita mengutamakan pendidikan kemampuan yang berkaitan dengan fungsi otak kiri seperti matematik, logika dan bahasa daripada menggambar yang memerlukan daya imaginasi kita, sehingga hanya sekiar 10% dari anak-anak ini yang akan dikelompokkan sebagai sangat kreatif pada saat mereka telah berusia 7 tahun. 
Pada saat kita telah dewasa, maka kelompok yang sangat kreatif ini hanya tinggal 2% saja lagi. 

Penelitian yang baru membuktikan bahwa dengan berolahraga secara teratur dan konsisten akan merangsang seluruh bagian otak yang akan membuat anda mempunyai akses dan kesempatan untuk memperoleh lebih banyak kemampuan dan keahlian, karena Anda telah mempergunakan kedua belahan otak Anda dengan efisien.

Dan karena umumnya kita tidak se-kreatif seperti yang kita bayangkan, maka peningkatan kemampuan dan fungsi otak yang bisa diperoleh dengan berolahraga secara teratur, adalah hal yang sangat membantu kita ...

Mari berolah raga secara teratur dan Anda akan menjadi lebih cerdas dan berbahagia ! 




Source: World Life Expectancy 

http://sehatcaraalamiah.blogspot.com   


  
 


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar