Rabu, 06 Februari 2013

Sehat Cara Alamiah - Mitos Sayur Bayam dan Popeye The Sailorman

Sehat Cara Alamiah - Mitos Sayur Bayam dan Popeye The Sailorman

 

 

Popeye The Sailorman. Source: Google free image 

Sayur bayam meningkatkan daya kerja otot ! Wah, tidak heran, kalau Popeye kalah berkelahi melawan Brutus, maka segera ia menenggak sekaleng sayur bayam dan .... ajaib !!! ... si Brutus di buat babak belur ! 

Seperti awal dari cerita kartoon klasik Walt Disney Popeye The Sailorman, yang terkenal dengan Olive pacarnya dan sayur bayam andalannya, pertanyaan kita yang lebih serius, adalah apakah benar sayur bayam bisa meningkatkan daya kerja dan tenaga otot manusia ?  

Penelitian terakhir menemukan bahwa perbuatan Popeye mengkonsumsi sayur bayam adalah benar, dengan makan semangkok sayur bayam sehari, akan membuat otot kita bekerja dengan lebih efisien. Dalam penelitian itu membenarkan bahwa dengan hanya mengkonsumsi sebanyak 300 gram sayuran, maka akan mengurangi jumlah oksigen yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga bagi otot, dan meningkatkan tenaga otot hingga 5% sewaktu berolahraga. 

Rahasianya ?? Ini bukan karena kandungan zat besi yang ada dalam sayuran seperti diduga sebelumnya, tetapi karena kandungan zat Nitrat yang berjumlah sangat banyak yang ada didalam sayuran. Efeknya akan segera terlihat hanya dalam waktu 3 hari saja ....   

"ini seperti fuel additive (penambah tenaga bahan bakar) untuk otot - zat Nitrat ini membuat otot bekerja lebih lancar dan efisien" kata Dr. Eddie Weitzberg dari The Karolinska Institute di Swedia.


Khasiat Semangkok Sayur Bayam:

Penelitian ini membuktikan perbedaan energi intake adalah antara 3 hingga 5 % - suatu jumlah yang bermakna.  "Superfood" sayur bayam ini membuat Popeye The Sailorman pada tahun 1950an menjadi terkenal, karena setiap kali bila menghadapi kesulitan, maka ia akan membuka sekaleng sayur bayam, memakannya, dan....semua masalahnya menjadi beressss...   

Menurut hasil penelitian  tadi, Nitrit oksida adalah sebuah molekul yang sangat penting yang bisa membuat pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi), sehingga bisa menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki sirkulasi darah. Organ mitichondria, adalah seperti sebuah mesin, yang akan kehilangan banyak energi berharga melalui panas yang hilang begitu saja. Nitrit oksida ini berhasil menghentikan proses kehilangan energi yang sia-sia ini, sehingga otot akan bekerja lebih efisien. 

"Kita juga tahu bahwa diet yang banyak mengandung buah dan sayuran, bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskuler dan penyakit diabetes, tetapi zat aktif yang menbuat ini terjadi tidak kita ketahui...padahal efeknya sedemikian nyata dan jelas. Maka ini membuktikan bahwa Popeye adalah benar dalam hal ini, sayuran bayam baik untuk meningkatkan kinerja otot !" 

Dalam penelitian diatas ditemukan bahwa kekuatan fisik atau kekuatan otot, sebagai salah satu rahasia untuk hidup sampai usia lanjut dan tetap produktif, adalah salah satu hal yang sering kita lupakan, baik oleh kaum muda ataupun juga orang berusia.

Ketika usia kita semakin menanjak, tetapi dengan diet yang tepat dan berolahraga secara teratur, maka kita bisa mempertahankan kekuatan fisik kita hingga waktu yang cukup lama...maka adalah masuk di akal kita bahwa kita membangun kekuatan otot kita sebanyak yang kita sanggup sewaktu berusia muda, dan berdasarkan hasil penelitian ini, dengan mengkonsumsi seporsi bayam jatah anda, maka anda mendapat tambahan 5% tenaga otot, tidak masalah usia anda sudah berapa pada saat itu....  


Popeye The Sailorman. Source: Google free image

 

Source:
World Live Expectancy - Live Longer Live Better ! 
 http://sehatcaraalamiah.blogspot.com


www.selukbelukvaksin.com 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar